JEPAPAH

JEPAPAH (Jemput Sampah Terpilah)

JEPAPAH adalah salah satu solusi yang ditawarkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara dalam menjawab permasalahan sampah dari sumber. TPS di daerah Kota semestinya tidak menyelesaikan permasalahan sampah, TPS hanya akan memindahkan permasalahan, sehingga DLH berencana untuk menutup semua TPS yang ada di Kota. Sebagai pengganti TPS, DLH membuat berbagai terobosan, salah satunya JEPAPAH tersebut.

JEPAPAH merupakan program yang dibuat untuk masyarakat perkotaan, sampah dari sumber akan diangkut oleh petugas kebersihan DLH setiap harinya dari rumah ke rumah untuk diangkut ke TPA. Sampah yang diangkut wajib dipilah oleh masyarakat dari rumah masing-masing, sehingga nantinya hanya residu yang terangkut oleh petugas kebersihan. Sampah organic akan dioleh oleh masyarakat menjadi pupuk, sedangkan sampah anorganik dapat diolah di Bank Sampah.

Untuk ikut program JEPAPAH, masyarakat dibebankan biaya retribusi sampah setiap bulannya, retribusi dibayarkan secara kolektif di Kelurahan atau rt rw yang nantinya akan diteruskan untuk menjadi Kas Daerah.

Sebagai Kelurahan percontohan, JEPAPAH sudah hadir 3 RT di Kelurahan Panggang Yang sudah melakukan program JEPAPAH yaitu Rt.01, 02 dan 03 RW 02, sebelum adanya JEPAPAH, sampah di buang di TPS Mangunsakoro 2, setelah melakukan kordinasi dengan DLH, pembuangan sampah tidak lagi di TPS, tapi digantikan dengan program JEPAPAH.

Ketua Rt 01 Bapak Suhardono Rw 02, Ketua Rt 02 Bapak Suhardono Rw 02 Bapak Maswitho dan Ketua Rt 03 Rw 02 Panggang, Bambang HP, Testimoni Ketua RT 03 Bapak Bamabng HP menyatakan bahwa program JEPAPAH memberi banyak manfaat terhadap masyarakat, dengan adanya program ini masyarakat mulai tergerak dalam pengelolaan sampah, selain JEPAPAH masyarakat kini telah membuat Bank Sampah dan membuat kerajinan daur ulang, namun amsih kesulitan dalam hal penjualan produk daur ulang. Selain Bank Sampah, kelurahan Panggang juga menjadi kampung organic dan salah satu titik pantau penilaian adipura Kabupaten Jepara.

DLH akan menargetkan penambahan 1 kelurahan setiap tahunnya yang menjalankan program JEPAPAH. Dan pada akhirnya sampah yang terbawa ke TPA akan semakin berkurang sehingga mimpi Indonesia Bebas Sampah 2025 cepat tercapai.