Penyerahan Laporan Tindak Lanjut Program Desa Mandiri Sampah

0
45

Jepara-23/01/20 Tim LSM Transformasi diwakili oleh Abdul Halim menyerahkan laporan hasil program desa mandiri sampah kepada Farikhah Elida di ruang Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Jepara . Penyerahan laporan tersebut sekaligus menjadi tanda selesainya kerjasama resmi antara LSM Transformasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara dalam mendorong program desa mandiri sampah.

Pada pertemuan tersebut disampaikan ucapan terima kasih kepada LSM Transformasi yang telah bersedia membantu mendorong dan memfasilitasi program desa mandiri sampah. Dengan ini diharapkan desa-desa yang menjadi percontohan mandiri sampah yaitu Desa Mantingan, Rajekwesi dan Suwawal Timur semakin bersemangat untuk terus maju dan mandiri dalam pengelolaan sampah. Hasil dari program desa mandiri sampah yang digawangi kedua belah piahak antara lain:

  1. Tercapainya peningkatan pemahaman terkait lima aspek pengelolaan sampah, potensi timbulan sampah desa, potensi bahaya lingkungan dan kesehatan yang di timbulkan dari pengelolaan sampah yang tidak baik serta potensi ekonomi dari pemanfaatan dan pengelolaan sampah.
  2. Tersusunnya Peraturan Desa yang sesuai dengan kebutuhan dan kearifan lokal masing-masing desa terkait pengelolaan sampah.
  3. Meningkatnya semangat dan motivasi masyarakat untuk membangun desa sebagai garda terdepan dalam pengurangan dan penanganan sampah.