Sayembara Konsep Desain Penataan Street Furniture Kawasan Perkotaan Jepara

0
442

             Jepara sebagai sebuah kota yang sedang berkembang secara geografis terletak di sebelah utara provinsi jawa tengah memiliki banyak potensi. Dampak pergerakan ekonomi dan sosial akan selalu beriringan dengan kondisi tata kelola lingkungan hidup. Semakin kencang perekonomian diputar akan dibutuhkan nilai social yang berjalan bersamaan. Jika tidak diantisipasi dampaknya, lingkungan sebagai dasar pengelolaan akan semakin terkikis daya dukung dan tampungnya.

            Jepara secara historis memiliki sejarah panjang, memiliki banyak sekali peninggalan yang tangible values seperti banteng, candi, bangunan dan benda cagar budaya lainnya yang sebagian besar mulai tergerus oleh perkembangan social ekonomi masyarakat modern. Peninggalan intangible values juga tidak terhitung, tradisi budaya yang dimiliki sangat beragam, karena langgam pesisiran dan peninggalan masa lalu percampuran antara kebudayan jawa, cina, arab dan lain-lain mulai diangkat kembali potensinya. Ukiran adalah salah satu andalan yang dijadikan ikon oleh Jepara, di samping tenun ikat troso dan banyak lainnya. Gerusan kebudayaan asing dan modernisasi lewat akses global sangat berpengaruh terhadap perkembangan potensi di atas

             Kawasan Kota Jepara yang di sayembarakan adalah Kawasan mulai pintu masuk bagian selatan (Gapura Ngabul), node seputaran Patung Tiga Wanita, sebagian Jalan Sukarno Hatta, Sentra Meubel Pekeng, node Tugu Patung Adipura (Trus Karyo Tataning Bumi), Kawasan Barang Jasa Jalan Pemuda, Jalan Hos Cokroaminoto hingga node Simpang Ruwet, kawasan pemerintahan  dan perkantoran Jalan Kartini, node Kawasan Tugu Kartini, Komplek Alun-alun Jepara, Kawasan pecinan Jl. Diponegoro, Kawasan Kuliner Shopping Center Jepara, Jl ahmad yani sebagai penghubung dengan node di bagian utara kota yaitu Kawasan Taman Kerang.

             Diharapkan desain yang ada mampu mereprentasikan dan menguatkan citra Kawasan sehingga akan terbentuk Citra dan Roh Kota Jepara yang mampu menjadi identitas dan kebanggaan masyarakat di dalamnya.

 

PENGUMUMAN SAYEMBARA

FORMULIR PENDAFTARAN

DOKUMEN SAYEMBARA