Jepara,  07/11/2019 – Kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan didepan 67 Ibu-Ibu Dharmawanita dilaksanakan di Pendopo Kabupaten dengan durasi yang singkat, materi perihal “Pengelolaan Sampah Rumah Tangga” di sampaikan oleh Kepala Seksi Kebersihan & Persampahan, Lulut Andi Ariyanto, ST.

Maraknya isu global perihal sampah yang ada di belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Di Kabupaten Jepara sendiri, dengan karakteristik penduduk  yang beragam dan topologi wilayah yang lengkap, mulai dari gunung, pemukiman, dan Pesisiran,  Kesadaran dan kepedulian warga atas permasalahan sampah patut dihadirkan sedekat mungkin.

Timbulan sampah yang didominasi sampah organik, seharusnya dapat diselesaikan ditempat, baik dengan teknologi sederhana semacam Takakura atau media komposter yang lain, tidak perlu ikut diangkut untuk dibuang ke TPA. Sedang sampah anorganik yang saat ini didominasi sampah plastic, bergantung kepada kepedulian warga untuk sadar mengendalikan sampah (plastiknya) . Sudah banyak kampanye ajakan untuk bijak sampah, menahan diri untuk menggunakan plastic sekali pakai, berani membawa tas belanja sendiri, dan sebagainya.

Kemauan dan kesadaran dalam pemilahan menjadi kunci berhasil tidaknya program.

Besar harapan , di pertemuan Dharmawanita siang hari ini Ibu-ibu peduli untuk mengurangi, memakai, dan memilah sampahnya. Agar hal yang positif ini dapat menginspirasi banyak Warga di lingkungan sekitarnya.