3 Solusi Pengelolaan Sampah di Jepara

0
816

3 Solusi Pengelolaan Sampah di Jepara

Diawal tahun 2019 ini, alhamdulillah Kabupaten Jepara dianugrahkan Piala Adipura Tahun 2018. Mendapat Adipura bukanlah tugas selesai, kami masih terus akan melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah. Di tahun 2019 ini kami ada 3 solusi untuk melakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar mulai dari sumber. SIANGSA, JEPAPAH dan Desa Mandiri Sampah.

SIANGSA ( Sistem Informasi Angkut Sampah Jepara), merupakan solusi yang lahir dari berbagai keluhan permasalahan sampah di daerah luar perkotaan yang belum terlayani sampah. Berkerjasama dengan FL2J (Forum Literasi Lingkungan Jepara) akan mengelola SIANGSA. Pengangkutan sampah terpilah menjadi cara kerja SIANGSA, jadi apabila ada sampah yang masih tercampur tidak sesuai jenisnya makan sampah tidak akan terangkut. Biaya pengangkutan sampah akan dibebankan ke masyarakat dan akan dikelola langsung kembali oleh masyarakat.

JEPAPAH (Jemput Sampah Terpilah), merupakan solusi permasalahan sampah di daerah perkotaan. Nanti TPS yang ada di daerah perkotaan akan kami hilangkan, namun dengan menghilangnya TPA di perkotaan akan menimbulkan kebingunggan kemana masyarakat akan membuang sampah. Untuk itu JEPAPAH hadir ditengah masyarakat perkotaan untuk memulai mengajak masyarakat perkotaan untuk melakukan pengelolaan sampah terpilah dirumah, nantinya setelah sampah terpilah maka petugas dari DLH akan melakukan pengambilan sampah secara terpilah dan berkala. Pengangkutan sampah akan dikenakan retribusi sampah yang nantinya akan disetorkan ke kas daerah yang nantinya akan menjadi APBD Jepara.

Desa Mandiri Sampah, dimana kami akan melakukan pemberdayaan ke Desa untuk bisa melakukan pengolahan sampah perdesaan secara baik dan terstruktur. Dalam Desa Mandiri Sampah nantinya akan melibatkan pemdes dan masyarakat setempat lebih dominan, dari pembuatan Bank Sampah, rumah kompos, pengangkutan sampah serta berbagai pengelolaan sampah lainnya sehingga sampah yang keluar dari desa hanyalah sampah residu dan nantinya akan dikelola di TPA.

3 program ini akan menjadi cara yang tepat untuk mengurangi volume sampah yang tertimbun di TPA, sehingga umur TPA akan semakin panjang dan umur Bumi juga akan semakin panjang.. 😀